Jumat, 14 Desember 2012

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Kecepatan koneksi internet tentu sangat didambakan oleh semua netter. Apalagi bagi netter penggila download dan upload. Koneksi internet yang super cepat sangat dibutuhkan. Kalau kita meggunakan koneksi broadband mungkin kecepatan koneksi tidak menjadi masalah, tapi bagaimana ketika kita suatu waktu melakukan akses internet melalui wifi atau wireles.

Akses internet malaui wireles atau nirkabel memang memiliki banyak kelemahan atau masalah. Beberapa masalah yang diidentifikasi termasuk akses ke acces point yang lemah, sambungan seringkali terputus dan terputus lagi, bahkan kadang koneksi menunjukkan diluar jangkauan sinyal nirkabel. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara mempercepat koneksi wifi/ wireless yang mungkin bisa dijadikan panduan bagi pembaca untuk mempercepat koneksi wireless ke acces point

Setup Mempercepat Koneksi WiFi

Ada beberapa aturan yang perlu diterapkan untuk mempercepat koneksi WiFi yaitu dengan memastikan lokasi pemancar nirkabel Anda berada di tengah-tengah daerah jangkauan. Hal ini penting, ketika pemancar diletakkan di tengah-tengah daerah jangkauan, sinyal akan dibagi secara sama rata kepada semua perangkat yang berhubungan ke pusat Acces point. Selain itu, hindari juga menempatkan pemancar nirkabel disamping dinding yang menghadap ke luar luar kawasan penggunaan, hal ini untuk mengurangi risiko invasi sinyal nirkabel oleh pengguna luar.

Hal perlu diperhatikan untuk mempercepat koneksi wifi :

Posisi Pemancar
Jangkauan gelombang yang dikirim oleh transmisi nirkabel akan dikeluarkan secara menjajar sesuai radius yang didukung oleh frekuensi gelombang. Hal demikian menjadi sangat penting dalam usaha mempercepat koneksi wireless dengan mengatur antena WiFi Anda dalam posisi vertikal dan bukan pada posisi miring atau horisontal.

Selain hal tersebut, Anda juga bisa memodifikasi antena pada perangkat transmisi nirkabel dengan penggunakan antena wireless jenis high-gain yang cukup mentransmisikan gelombang pada satu arah saja.

Meletakkan Pemancar Pada Ketinggian
Jika Anda melihat di wilayah penggunaan publik seperti bandara atau Café internet, Antena nirkabel ditempatkan setinggi mungkin dan terdekat dengan langit-langiit bangunan, ketinggian Antena dapat membantu dalam mengoptimalkan jangkauan gelombang. Usahakan antena tidak diletakkan di dalam ruang tertutup seperti dalam lamari dan rak.

Hindari Peralatan Yang Dapat Mengganggu Sinyal
Hindari menempatkan Antena nirkabel berada di dekat peralatan yang memiliki frekuensi tinggi seperti televisi, telepon wireless (cordless-phone), oven microwave dan peralatan besi, kaca dan peralatan yang menggunakan banyak energi listrik seperti lemari es. Hal ini karena, peralatan tersebut bisa mengurangi atau menghalangi jangkauan gelombang untuk menembusnya. Oleh sebab itu peralatan-peralatan ini dianjurkan untuk diletakkan agak jauh dari antena wireless

Konfigurasi Pemancar
Jika semua cara mempercepat koneksi internet wifi telah dicoba tetapi kemampuan titik akses nirkabel masih saja belum memuaskan, pengguna disarankan untuk memperbarui firmware pemancar dan melakukan konfigurasi sendiri pada pemancar (seperti konversi kanal menambahkan penguat sinyal WiFi/Booster WiFi (TX-boost). 
 

0 comments:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Tikar - All Rights Reserved Created by Tikar