Rabu, 10 April 2013

Cara Membentuk Badan Atletis

Badan atletis para atlet yang berlaga di lapangan adalah hasil dari olahraga rutin yang keras dan terjadwal termasuk diantaranya latihan tehnik, kekuatan dan kardiovaskular. Selain itu, mereka juga mendapatkan diet ketat dengan pengaturan protein, lemak, kalori serta nutrisi penting lainnya yang terukur.
Meskipun demikian bukan tidak mungkin seseorang yang bukan atlet mendapatkan badan atletis. Dengan beberapa penyesuaian nutrisi dan porsi olahraga, tubuh atletis bisa didapatkan.
 
Langkah pertama
Makan makanan yang membuat tubuh ramping dan sehat. Jangan melewatkan waktu makan terutama sarapan pagi. Sarapan penting untuk memulai metabolisme, jika sarapan anda sederhana maka performa anda tidak akan maksimal dan sebaliknya. Bandingkan saat anda makan pagi biasa dengan makan pagi yang penuh nutrisi, anda akan melihat perbedaan performa yang besar baik dari segi konsentrasi, keaktifan dan produktifitas.
Makan setiap tiga sampai empat jam dalam porsi kecil. Camilan yang bagus untuk membentuk tubuh atletis diantaranya buah seperti semangka, melon, anggur, apel dan pisang dapat memberikan memberikan suntikan energi dan nutrisi tambahan.
Tingkatkan asupan protein karena protein inilah yang membentuk masa otot sumber protein yang baik yakni yang mengandung sedikit atau tanpa lemak misalnya dada ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, telur dan makanan dari kedelai.
 
Langkah kedua
Buatlah jadwal dihari apa saja akan melakukan olahraga beserta jenis latihan apa yang ingin dilakukan. Gabungkan antara jenis latihan beban dan kardiovaskular secara bergantian.
Buatlah tubuh anda terhidrasi dengan baik dengan cara minum disela-sela waktu istirahat. Sebelum latihan untuk menghindari cedera dan mempersiapkan tubuh lakukan peregangan dan pemanasan. Pastikan juga bahwa olahraga yang anda lakukan menyenangkan.
Jika Anda merasa salah satu dari gejala berikut selama latihan, hentikan segera: pusing, nyeri / kram, sakit dada atau sesak napas.
 
Langkah ketiga
Istirahat dengan  cukup. Kalau anda mengira bahwa diet dan olahraga saja yang membentuk tubuh atletis maka anda salah. Istirahat juga memegang peranannya sendiri dalam membentuk tubuh sehat berotot. Istirahat yang cukup memberi kesempatan pada jaringan tubuh untuk memperbaiki dirinya setelah latihan karena hampir pasti pada saat olahraga otot mengalami kerusakan karena saling bergesekan. Tidur yang disarankan enam sampai delapan jam sehari semalam.
 

0 comments:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Tikar - All Rights Reserved Created by Tikar